Gubernur Syamsuar Mundur, Wagubri Edy Natar Bisa Diangkat Menjadi Gubernur Riau Definitif Sesuai Undang-undang

Pekanbaru, bersimpaicom-Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, telah memastikan akan maju sebagai calon anggota DPR RI pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang. Kepastian ini dibuktikan dengan pengusulan surat pengunduran dirinya sebagai Gubernur Riau kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kementerian Dalam Negeri, dan DPRD Riau.

Dengan pengajuan surat pengunduran diri ini, masa jabatan Syamsuar sebagai Gubernur Riau akan berakhir pada tanggal 3 November, sesuai dengan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) calon anggota DPR RI.

“Saya akan mundur (sebagai Gubernur Riau) sesuai dengan DCT, sekitar tanggal 3 November 2023. Karena pada tanggal 4 November, pengumuman DCT akan dilakukan,” kata Syamsuar.

Dengan keputusannya untuk mundur sebagai Gubernur Riau, posisinya akan digantikan oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution hingga akhir Desember 2023.

“Insya Allah, Pak Wakil (Edy Natar Nasution) akan melanjutkan, karena beliau tidak maju sebagai anggota DPR RI,” ujar mantan Bupati Siak dua periode ini.

Syamsuar menjelaskan bahwa jabatan Gubernur akan diemban secara sementara oleh Wakil Gubernur sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur.

“Penunjukan Plt Gubernur ini akan didukung dengan Surat Keputusan (SK) dari Presiden, dan masa jabatan Plt Gubernur ini hanya sampai tanggal 31 Desember 2023,” tambahnya.

UU Nomor 10 Tahun 2016

Dalam konteks hukum, Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 Pasal 173 mengatur bahwa DPRD Provinsi dapat mengusulkan Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur menjadi Gubernur kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

Jika DPRD Provinsi tidak mengusulkan dalam waktu 10 hari kerja setelah Gubernur berhenti, Presiden dapat mengesahkan Pengangkatan Wakil Gubernur menjadi Gubernur berdasarkan usulan Menteri Dalam Negeri. Ini berarti pengangkatan Wagub Riau menjadi Gubernur Riau definitif dapat dilakukan oleh Presiden asalkan ada usulan dari Menteri Dalam Negeri, terlepas dari apakah DPRD Provinsi Riau mengusulkan atau tidak.

[]brsm02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *